Saturday, December 11, 2010

Kamera Ponsel Nokia dan LG Dituduh Langgar Paten

CALIFORNIA - Sebuah akademi di California menuntut beberapa vendor ponsel atas pelanggaran penggunaan hak paten pada teknologi kamera yang diusung di ponsel.

Beberapa vendor kamera yang dimaksud adalah Nokia, LG, Pantech. Selain ketiganya, beberapa produsen chip, seperti STMicroelectronics, Seti, Siliconfile Technologies dan Toshiba, mendapatkan tuntutan yang sama dari California Institute of Technology (Caltech), AS.

Dilansir melalui Cellular News, Selasa (30/11/2010), Caltech menuduh perusahaan-perusahaan tersebut telah melanggar sekira sembilan hak paten yang dimliki Caltech, terkait teknologi yang ada dalam kamera ponsel.


Caltech mengaku telah melayangkan surat gugatan ke pengadilan negeri di Los Angeles. Dalam tuntutannya tersebut Caltech meminta ganti rugi atas penggunaan hak paten tersebut.

Sebelumnya, Caltech juga pernah melakukan tuntutan terhadap produsen kamera, seperti Canon, Nikon dan empat produsen kamera lainnya, karena dianggap telah melanggar enam hak paten milik Caltech yanng berkaitan dengan sensor piksel di kamera digital.

Selama ini Caltech mengklaim sebagai pemilik beberapa paten terkait teknologi pengabadian gambar. Paten kamera itu diakui Caltech telah didapatkan setelah mereka melakukan serangkaian penelitian untuk NASA.


sumber : okezone.com

No comments:

Post a Comment