Saturday, December 11, 2010

Cegah 'Wikileaks II', AS Larang Gunakan DVD dan Flashdisk

NEW YORK - Militer Amerika Serikat tak ingin kasus bocornya dokumen diplomatik oleh WikiLeaks terulang. Pihak Militer AS pun langsung mengeluarkan kebijakan ketat tentang larangan penggunaan cakram DVD dan perangkat yang memiliki koneksi USB drive ke komputer pihak militer.

Larangan itu merupakan hasil pemikiran pihak militer mengingat bocornya dokumen diplomatik AS dibocorkan melalui keping DVD. Diduga seorang Prajurit, Bradley Manning 'membakar' korespondensi diplomatik ke keping DVD yang bertanda 'Lady gaga' dan memberikannya kepada Wikileaks.

PCWorld, Sabtu (11/12/2010), melaporkan, sanksi yang akan diberikan kepada Anggota yang melanggar larangan tersebut akan sangat keras. Bahkan tak segan-segan, bagi setiap anggota militer dan karyawan yang tetap keukeuh menggunakan USB drive akan diseret ke pengadilan militer.

Diakui, pihak militer AS, penerapan kebijakan tersebut akan menemui banyak kendala, tapi setidaknya langkah tersebut dapat mencegah terjadinya kebocoran dokumen.

Kebijakan pelarangan penggunaan DVD dan flash memory dinilai sebagian kalangan sebagai reaksi berlebihan, belum lagi saat ini adalah era komputasi awan.

WikiLeaks sejak November silam mengklaim telah memiliki bocoran sekira 251 ribu dokumen diplomatik AS. 


sumber : Okezone.com

No comments:

Post a Comment