Tuesday, September 28, 2010

sepak bola

Jakarta - Tottenham Hotspur dan FC Twente sedang mencari kemenangan pertamanya di Liga Champions setelah hanya bermain imbang di laga debutnya dua pekan lalu. Mereka akan saling jajal di London.

Berikut ini beberapa catatan terkait duel Tottenham Hotspur versus FC Twente di Matchday 2 Liga Champions Grup A di White Hart Lane, Kamis (30/9/2010) dinihari WIB, seperti dilansir Reuters dan situs UEFA:

Rekor head-to-head

Jumlah pertemuan: 0

* Di pertandingan pertamanya di Grup A, Tottenham bermain imbang 2-2 melawan tim Jerman, Werder Bremen. Twente, meski sempat unggul 2-0, harus puas dengan skor 2-2 melawan juara bertahan dari Italia, Inter Milan.

* Tottenham gagal mencetak gol di dua pertandingan kandang terakhirnya melawan tim-tim Belanda, kalah 0-1 dari PSV Eindhoven di Piala UEFA tiga musim lalu dan seri 0-0 dengan Feyenoord di perempatfinal Piala Winner 1992.

* Tottenham hanya menang empat kali dari sembilan pertandingan Eropa terakhirnya di kandang sendiri.

* Twente akan memainkan pertandingannya yang ke-100 di kompetisi Eropa. Sejauh ini mereka menang 40 kali dan kalah 38 kali.

* Twente tak pernah mengalahkan tim Inggris dalam sembilan percobaannya, dan selalu kalah dalam empat upaya terakhirnya, termasuk saat ditumbangkan Manchester City 2-3 di fase grup Piala UEFA pada November 2008.

* Sebelum dikalahkan City, Twente juga sempat bertandang ke London utara melawan Arsenal di babak kualifikasi Liga Champions putaran ketiga. Mereka menyerah 0-4 dan kalah agregat 0-6. William Gallas, yang saat ini memperkuat Tottenham, mencetak gol di dua pertandingan tersebut.

* Manajer Tottenham, Harry Redknapp, pernah menghadapi tim Belanda. Saat menukangi West Ham, ia menang 1-0 di kandang maupun tandang melawan Heerenveen di Piala Intertoto 1999.

* Pelatih Twente Michel Preud'homme juga punya kaitan dengan Inggris. Saat masih menjadi kiper Standard Liege, ia pernah kebobolan empat saat timnya kalah 0-4 di babak pertama Piala UEFA melawan Manchester City di musim 1978/1979. Ia juga ada di timnas Belgia saat dikalahkan Inggris 0-1 di babak 16 besar Piala Dunia 1990. Kala itu gawangnya dijebol David Platt.

* Gelandang serang Tottenham, Rafael van der Vaart, tidak asing dengan Twente karena ia pernah membela Ajax Amsterdam dari 1999 sampai 2005, memenangi dua titel Eredivisie. Kiper Twente, Sandro Boschker, pernah jadi rekan setimnya di Ajax pada musim 2003/2004 -- dan belakangan di skuad Belanda di Piala Dunia 2010.

* Gelandang Twente Denny Landzaat pernah membela Wigan dari 2006 sampai 2008, terlibat dalam pertandingan melawan Tottenham pada April 2007 dengan hasil seri 3-3, dan kalah 0-4 di bulan November di tahun yang sama.

sumber: detiksport.com

No comments:

Post a Comment