Tuesday, September 28, 2010

Intel Perluas Pasar Atom


Gedung Intel (foto: Google Image)
INTEL Atom, prosesor 'mini' Intel, tidak hanya bisa digunakan sebagai 'mesin' netbook. Prosesor berbiaya rendah ini ke depannya juga akan didesain untuk tablet, komputer di dalam mobil, serta televisi yang menggunakan internet.

Tak hanya itu, Intel juga berharap agar Atom bisa dibenamkan di berbagai peranti elektronik yang bisa 'dikomputerisasi'. Mulai dari lampu lalu lintas, kamera pengaman, serta berbagai peralatan rumah tangga.

”Dua tahun dari sekarang, Atom masih digunakan sebagai prosesor netbook. Tapi, Anda juga akan mendengar dan berbicara lebih banyak tentang Atom," kata Tom Kilroy, wakil presiden senior dan manajer umum penjualan dan pemasaran Intel.

Ada dua versi baru chip Atom yang baru dirilis. Seri E600 atau Tunnel Creek ditujukan pada aplikasi embedded, misalnya di komputer mobil untuk mengendalikan hiburan dan navigasi. Seri CE4200, juga dikenal sebagai Groveland, dirancang untuk televisi yang mendukung web-browsing.

"Kita harus mencakup wilayah. Atom akan datang ke dalam segmen pasar di mana arsitektur Intel belum pernah dibuat sebelumnya. Kita berusaha untuk memberikan dukungan kepada pelanggan cepat mungkin," kata Doug Davis, Kepala dan Intel Embedded Communications Group.

Davis menunjukkan prototipe balap sepeda motor yang menggunakan microchip untuk mengirim data mesin untuk kru di pit. Juga, taxi sign (tanda di atas taksi) yang menunjukkan iklan berbeda- beda tergantung di mana taksi mengemudi. Prosesor Atom dibuat berdasarkan arsitektur tradisional Intel.

Namun, generasi Atom terbaru memiliki kemampuan untuk menghemat konsumsi daya sehingga tablet, smartphone, dan handset lainnya tidak boros tenaga dan butuh isi ulang cepat. Nvidia, Marvell, dan Qualcomm, juga telah membuat prosesor serupa berdasarkan desain ARM Holdings
sumber : techno.okezone.com

No comments:

Post a Comment