Friday, September 27, 2013

E-Commerce Itu Penting! Tapi Apa Itu E-Commerce?



Definisi E-Commerce.
  • E-commerce adalah dimana dalam satu website menyediakan atau dapatmelakukan Transaksi secara online atau juga bisa merupakan suatu cara berbelanja atau berdagang secara online atau direct selling yang memanfaatkan fasilitas Internet dimana terdapat website yang dapat menyediakan layanan “get and deliver“. E-commerce akan merubah semua kegiatan marketing dan juga sekaligus memangkas biaya-biaya operasional untuk kegiatan trading (perdagangan).
  • Adapun pendapat mengenai pengertian E-Commerce bahwa E-commerce mengacu pada internet untuk belanja online dan jangkauan lebih sempit. dimana e-commerce adalah subperangkat dari E-Bisnis. cara pembayarannya: melalui transfer uang secara digital seperti melalui account paypal atau kartu credit Sedangkan, E-Bisnis mengacu pada internet tapi jangkauan lebih luas. area bisnisnya terjadi ketika perusahaan atau individu berkomunikasi dengan klien atau nasabah melalui e-mail tapi pemasaran atau penjualan di lakukan dengan internet. dengan begitu dapat memberikan keuntungan berupa keamanan fleksibililtas dan efisiensi. cara pembayarannya yaitu dengan melaui pembayaran digital secara E-Gold dan sudah di akui di seluruh dunia dalam melakukan transaksi online.
  •  Dalam prakteknya, berbelanja di web memerlukan koneksi ke internet dan browser yang mendukung transaksi elektronik yang aman, seperti Microsoft Internet Explorer dan Netscape Navigator. Microsoft dan Netscape, bekerja sama dengan perusahaan kartu kredit (Visa dan MasterCard), serta perusahaan-perusahaan internet security (seperti VeriSign), telah membuat standar enkripsi khusus yang membuat transaksi melalui web menjadi sangat aman. Bahkan, Visa dan MasterCard menyediakan jaminan keamanan 100% kepada pengguna credit cardnya yang menggunakan e-com.
Contoh E-Commerce.

  • Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :
    1. Pembelian buku melalui online.
    2. Pembelian elektronik melalui online.
    3. Pembelian kendaraan melalui online.
    4. Pembelian pakaian melalui online, dll.
Dampak Positif dan Negatif E-Commerce.

  •   dampak Positif dari e-commerce untuk UKM adalah..
    1.pangsa pasar menjadi besar, bukan lagi penjualan di satu daerah. tapi bisa mencakup kota-kota besar lain nya melalui E-commerce.

    2.karna pangsa pasar meluas. pendapatan pun membesar, sehingga UKM bisa meningkatkan mutu dari barang yang di jual.

    3.jual beli menjadi mudah, karna pembeli bisa membeli tanpa harus ke tempat nya.

    4.UKM bisa mengiklan kan dagangan nya di site-site ternama untuk menarik pelanggan.

    dampat Negatif E-commerce untuk UKM adalah...
    1.kehilangan perkerjaan, terkadang peran orang saat melayani pelanggan di gantikan oleh mesin. saat sebuah UKM sudah ketergantungan dengan E-commerce.

    2. pembeli tidak bisa menyentuh barang yang ingin di beli sehingga masih ada rasa keraguan tentang barang yang di tampilkan, karna barang hanya bisa di liat dengan media foto/video

    3.terkadang masih saja ada orang yang tertipu saat membeli suatu produk, tindak penipuan nya adalah menjual barang yang sebenernya tidak ada sama sekali, dan korban percaya lalu mentransfer uang tanpa perantara.

    4.masih kurang nya minat orang-orang yang mau memasarkan sebuah produk nya melalui E-commerce, biasanya ini terjadi pada orang yang kurang mengerti dunia perkomputeran/internet.
     
  KESIMPULAN
  •  Jadi Dari Tulisan Di atas, bisa di artikan bahwa jaman semakin berkembang. tanpa kita mengikuti nya, bisa membuat kita kehilangan kesempatan yang di lakukan oleh orang-orang lain. namun masih banyak juga orang-orang yang tidak begitu mengerti dengan E-commerce atau memandang sepele. namun di jaman yang serba modern ini masyarakat di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. di samping dari ke praktisan nya. ada hal lain yang membuat E-Commerce menjadi bisnis menjanjikan, namun semua itu butuh proses dan waktu yang tidak sedikit untuk menjadi sukses. di karnakan pangsa pasar nya masih terbuka luas maka E-commerce menjadi kebutuhan wajib sebuah perusahaan atau UKM. agar barang yang di jual bisa di kenal luas masyarakat dengan menggunakan media iklan internet.
.

No comments:

Post a Comment